SELAMAT DATANG DI DESA KARANGBANYU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Administrator  212 Kali Dibaca 

Berdasarkan sejarah terbentuknya, Desa Karangbanyu dibagi atas tiga kelompok. Sekitar tahun 1926 yang bernama Sekarangbanyu memiliki keinginan untuk menyatukan untuk menyatukan masyarakat yang bermukim masih berkelompok, bergerombol (pating krempel), terpisah-pisah dijadikan satu (Agrempel) yang dipimpin oleh kepala desa. Maka terbentuklah desa yang hanya memiliki tiga kasun. Kepala Desa Martoseno telah memberikah tonggak sejarah berdirinya nama Desa Dempel, sekaligus menjadi kepala desa yang pertama. Kecocokan pemberian nama Desa Karangbanyubisa dirasakan oleh masyarakat dengan kuatnya kerukunan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat dapat  tidak bisa dipecah lagi.

Hal tersebut menjadikan menjadikan daya Tarik keikutsertaan masyarakat atau desa tetangga untuk menjadi masyarakat Desa Karangbanyu, Hingga pada tahun 1932 Masyarakat Utara Bengawan Solo yaitu Dusun Butuh dan Dusun Tretes ikut bergabung menjadi masyarakat Desa Karangbanyu Keinginan bergabungnya kedua desa tersebut adalah masyarakat Dusun Butuh dan Dusun Tretes banyak melakukan kegiatan yang jauh dari adat istiadat dan menyalahi norma bermasyarakat seperti berjudi, marah, bertengkar, serta kondisi desa yang jauh dari kata tentram. Desa Karangbanyu terdiri dari 7 Dusun yaitu Dusun Pulo, Dusun Jatisari, Dusun Karangbanyu, Dusun Wonokerto, Dusun Ngampon, Dusun Butuh dan Dusun Tretes, terdiri 8 Re dan 36 RT.

Kepemimpinan Desa Karangbanyu dibawah Kepala Desa Suyut  berlangsung hingga tahun 1935. Selanjutnya Desa Karangbanyu dipimpin oleh Selanjutnya tonggak kepemimpinan Desa Dempel dilanjutkan oleh putra Martoseno yang bernama Kamari. Tak jauh dari masa kepemimpinan ayahnya, dibawah perintah Kepala Desa Kamari, Desa Dempel mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kondisi masyarakat aman dan tentram, rukun dan bersatu mengandung makna masyarakat menjadi rukun,

Masa pemerintahan Kepala Desa  Sukadi tahun 1968 dan berakhir pada tahun 1991 (33 tahun masa jabatan). Sampai saat ini sudah mengalami pergantian empat kali kepala desa. Para pejabat Kepala Desa Karangbanyu semenjak berdirinya Desa Karangbanyu adalah sebagai berikut :

  1. 1. Suyut (1926-1935) Lurah Pertama
    2. Sukadi(1935-1938) Lurah Kedua
    3. Budtanti(1991-2007) Lurah Ketiga
    4. Sutrisno(2007-12013) Lurah Keempat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Solo KM. 25, Karangbanyu, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63256
Desa : Karangbanyu
Kecamatan : Widodaren
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :