SELAMAT DATANG DI DESA KARANGBANYU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Artikel

HKTI NGAWI BUDIDAYAKAN APUKAT DI DESA KAYANGAN JOGOROGO

28 November 2022 20:42:17  Administrator  203 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Karangbanyu.desa.id - Kabupaten Ngawi kedepan diproyeksikan menjadi daerah penghasil utama buah alpukat. Upaya untuk mewujudkan Ngawi Kampung Alpukat pun mulai gencar dilakukan. Seperti salah satunya penanaman bibit alpukat di Desa Brubuh Kecamatan Jogorogo, pada Senin (28/11/2022).

Dua desa di kecamatan Jogorogo menjadi pilot project untuk menyongsong Ngawi Kampung Alpukat. Yakni Desa Brubuh dan Desa Giri Mulyo. Dua desa yang berada di lereng utara Gunung Lawu tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan budidaya tanaman alpukat.

Sebagai penanda proyeksi Ngawi Kampung Alpukat, juga dilaksanakan penanaman bibit bersama. Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko yang menghadiri acara tersebut, terlihat menanam bibit alpukat bersama dengan kelompok tani dari dua desa itu.

Ditemui usai kegiatan Wabup Antok mengatakan, keberadaan kampung alpukat di Kabupaten Ngawi nantinya juga akan berimplikasi terhadap hadirnya agrowisata. Dimana hal itu juga akan berdampak pada kesejahteraan para petani, serta bagi para pelaku UMKM Setempat, dengan kreasi produk turunan buah alpukat.

“Dengan adanya agrowisata, selain komoditas alpukat, juga akan mendongkrak sektor kunjungan wisatawan,” kata Wabup Antok kepada TIMES Indonesia.

Wabup Antok mengatakan, konsep wisata perkebunan alpukat akan dikembangkan di dua desa itu. Dia berharap, agrowisata alpukat di Ngawi tidak hanya hadir di dua desa tersebut. Melainkan juga bisa merembet di wilayah lain, yang juga memiliki potensi yang sama.

“Mudah-mudahan bisa menjadi rujukan bagi wilayah lain yang memiliki potensi yang sama,” ujar Wabup Antok.

Wabup Antok berpandangan, ceruk pasar untuk komoditas buah alpukat masih terbuka lebar. Apalagi, alpukat termasuk jenis buah yang banyak memiliki produk turunan.

“Peluang alpukat di Ngawi masih sangat terbuka. Alpukat tidak hanya dikonsumsi buahnya saja. Produk turunannya juga banyak,” ujar Wabup Antok.

DPC HKTI Ngawi siap Mengawal

Wabup Antok yang juga ketua DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Ngawi mengatakan, organisasi yang menghimpun para petani tersebut siap mengawal kesuksesan proyeksi Ngawi kampung alpukat. Setidaknya ada beberapa hal yang bakal diemban HKTI Ngawi, demi terwujudnya kampung alpukat.

“HKTI Ngawi kami minta untuk mendampingi,” kata Wabup Antok.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Solo KM. 25, Karangbanyu, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63256
Desa : Karangbanyu
Kecamatan : Widodaren
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :